Kumpulan Tips dan Teknik untuk Mengajar Membaca

Perhatian terhadap pentingnya penguasaan kemampuan baca anak telah berkembang lama. Praktisi pendidikan dan orang tua telah banyak membagikan pengalaman dan pengetahuannya seputaran tips dan teknik membaca, coba saja googling "belajar membaca untuk anak" hasilnya pasti bikin pusing. Untuk mempermudah anda berikut kami sarikan beberapa tips dan teknik tersebut beserta link aslinya, beberapa mengarah ke link yang berisi produk, perlu dicatat, kami tidak mempromosikan produk tersebut, hanya memberi informasi.
Berikut tips dan teknik tersebut:


1. Teknik glenn Doman
Teknik ini lebih dikenal sebagai metode flash card, dari namanya sudah terlihat bagaimana teknik penggunaannya. dengan bermodal kartu yang berisi tulisan kata yang akan diajarkan, orang tua tinggal menunjukkan kartu tersebut sekilas berbarengan dengan membacakan kata yang tertulis di kartu tersebut dengan jelas. Prinsip dalam teknik ini adalah membuat anak tetap ceria dan penasaran. Dengan pengulangan teknik ini telah banyak anak yang bisa membaca dengan lebih dini. Saya pernah mendengar kesaksian seorang anak berusia 2,5 tahun yang sudah bisa membaca dengan menggunakan teknik ini. link aslinya //www.glenndomanonline.com/ , isinya promosi produk, na yang ini berisi kesaksian Dee Dewi Lestari dan yahoo group ibu-ibu pemakai ada di link  ini.
2. Abaca Baca
Teknik ini saya kenal waktu bekerja di sebuah TK swasta. Bersumber dari sebuah buku ini, atau di google book sini, teknik ini bisa dibilang pengembangan teknik Glenn Doman, sama-sama pake kartu, bedanya di teknik ini dimulai dengan diajari pengenalan suku kata yang berima huruf vokal seperti a ba ca da fa ga dst. Saya menyaksikan sendiri keefektifan metode ini. Lengkapnya juga ada tersedia di buku yang bisa di cari di Gramedia dengan judul "abaca baca", harganya hanya Rp 35.000,- di gramedia Matahari Denpasar.
3. Metode Belajar Membaca dari Tipsbayi.com
Situs ini memberikan ringkasan keuntungan dari mengajarkan membaca lebih dini dan teori flash card beserta penggunannya,lengkapnya langsung saja meluncur ke sini.
4. Tips Mengajarkan Anak Membaca dari Bundanews.com
Situs ini mempublish satu artikel berisi cara mengajarkan anak membaca, ringkasan langkahnya adalah sbb: membacakan dongeng, memasang poster tulisan bergambar, memberikan hadiah sebuah buku, dan terakhir menjadi teladan membaca. selengkapnya di sini.

pada akhirnya berikut ringkasan saran praktis dari icanteachmychild.com untuk mengajar anak anda membaca:
  • Luangkan waktu setiap hari untuk membacakan buku untuk anan anda.
  • Ajukan pertanyaan kepada anak anda sebelum, selama, dan sesudah membaca.
  • Jadilah teladan pembaca yang baik untuk anak anda.
  •  Pasang poster kata di seputaran lingkungan rumah anda.
  • Ketika mengajarkan huruf dan pengucapannya, usahakan untuk melibatkan sebanyak mungkin indra anak.
  • Baca berbagai macam variasi buku dan jadikan permainan dengan anak untuk menebak jenis buku yang dibaca tersebut.
  • Saat mengajar pengucapan, bermainlah dengan rima!
  • Singkat kata, bersenang-senanglah bersama anak anda!