Manfaat Membacakan Buku untuk Anak

Hasil studi menunjukkan tidak pernah terlalu cepat untuk mulai membaca kepada anak-anak Anda. Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah dari latar belakang bahasa Inggris dan Spanyol memiliki pemahaman bahasa dan perkembangan kognitif yang lebih baik jika ibu mereka mulai membaca kepada mereka pada usia dini. Banyak penelitian telah menunjukkan manfaat dari orang tua yang membaca untuk anak-anak prasekolah dalam hal peningkatan perkembangan bahasa anak-anak.


Meski begitu para peneliti dalam sebuah studi baru mengatakan hanya sedikit peneliti yang telah meneliti efek dari membaca untuk anak di bawah usia 3, padahal periode ini sangat penting untuk perkembangan bahasa yang diperlukan untuk keberhasilan dalam penguasaan kemampuan berbahasa."Studi menunjukkan hubungan antara membaca kepada anak-anak dan penguasaan bahasa anak-anak serta perkembangan kognitif dimulai sangat awal, kata peneliti Helen Raikes, Ph.D., profesor Ilmu Keluarga dan Konsumen di University of Nebraska-Lincoln, dalam rilis berita.

Mulai Membaca untuk Anak Anda lebih Dini.


Penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Child Development ini, melihat efek dari orang tua yang membaca untuk anak-anak di lebih dari 2.500 keluarga yang terdaftar dalam Penelitian. Penelitian di 17 komunitas di seluruh AS ini mengevaluasi anak-anak pada usia 14, 24, dan 36 bulan.Secara keseluruhan, sekitar setengah para ibu dalam penelitian mengatakan mereka membaca kepada anak-anak mereka setiap hari. Tapi hanya sedikit  ibu yang telah melaporkan mulai membaca untuk anak-anak mereka ketika anak-anak usia 2 dan 3 daripada ketika usia anak-anak mereka 14 bulan.

Dalam sekelompok sekitar 1.100 keluarga, para peneliti juga membandingkan efek dari membaca untuk anak-anak muda di antara keluarga-Inggris dan Spanyol. Hasilnya sama, mereka menemukan bahwa ibu yang mulai membaca kepada anak-anak mereka pada usia dini memiliki balita dengan pemahaman bahasa yang lebih baik, lebih besar, lebih ekspresif kosakata, dan skor kognitif lebih tinggi.


jadi, kenapa tidak mulai sekarang membacakan untuk anak anda?


Sumber: http://www.cbsnews.com/2100-500368_162-1803926.htmlhttp://www.cbsnews.com/2100-500368_162-1803926.html